Friday, April 20, 2007

Wahai Ikhwan, Iringi Perkataanmu Dngan Perbuatan


Suatu ketika sekelompok budak menghadap Imam Hasan Al Basri. Mereka meminta Hasan Al Basri untuk berbicara mengenai kemerdekaan budak di dalam khutbah Jum'atnya. Sang Imam menyetujui permintaan tersebut.
Hari Jum'at pun tiba, namun apa yang mereka telah sampaikan ternyata tidak dilakukan sang Imam. Sampai tiga bulan lamanya Imam Hasan Al Basri belum melakukan apa yang mereka minta.
Barulah masuk bulan keempat Hasan Al Basri berbicara di atas mimbar Jum'at dengan tema yang mereka minta. Selesai Jum'at mereka berbondong-bondong menghadap sang Imam dan menanyakan perihal permintaan mereka yang sempat tertunda selama tiga bulan. Menghadapi mereka sang Imam berkata : "Maafkan saya bila terlambat menyampaikan permintaan kalian. Bagaimana mungkin saya menganjurkan kepada ummat mengerjakan sesuatu hal yang saya sendiri belum melakukannya? Saya tidak memiliki seorang budak pun, sehingga saya harus menunggu rezeki dari Allah untuk membeli budak yang kemudian saya merdekakan."
- - - - -
Ikhwah fillah yang berbahagia, membaca kisah di atas timbul rasa hormat sekaligus takjub kita kepada para 'ulama terdahulu. Bahwa mereka sangat bertanggung jawab dengan da'wah yang mereka lakukan. Prilaku mereka selalu sejalan dengan yang mereka katakan.
Inilah salah satu pelajaran berharga sekaligus bahan introspeksi bagi kita. Karena pada kenyataannya tidak sedikit dari kita -sebagai pelaku aktivitas da'wah ini- yang kurang bisa menyelaraskan tindakan dan kata-kata serta minim dalam mengaktualisasikan teori di lapangan kehidupan. Kita acap kali berbicara kepada ummat mengenai suatu hal dengan lantang, padahal di saat yang sama kita belum dan bahkan tidak melakukan hal tersebut.
Ikhwah fillah yang dicintai Allah, sebagai aktivis yang baik, kita tidak boleh memandang sebelah mata dalam menyikapi hal ini. Selain Allah telah jelas-jelas berfirman dalam surat As Shaf : "Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan", bisa jadi pada akhirnya kemuliaan da'wah akan tercoreng dikarenakan ulah aktivis yang justru bertentangan secara diametral dalam prilaku kesehariaannya. Akibatnya, ummat akan menarik kepercayaannya terhadap da'wah. Dan bila hal ini terjadi, kepada siapa da'wah akan ditujukan? (BW)

www.ikhwah-net.8m.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home